Banda Neira Seindah Apasih Sampai Jadi Dream Travel Banyak Orang

banda-neira
Instagram @yoniarhufan

Hi, welcome to Efhadeyeha.com - Siapa yang pertama kali denger nama Banda Neira dari novel "Kata" by Rintik Sedu? Yaaa, it's me. Dan siapa sih yang baru sadar kalau ternyata gambar di uang pecahan 1.000 adalah Banda Neira? It's me lagi.

Hasil penasaran saya tentang tempat yang bernama Banda Naira/Banda Neira itu, akhirnya benar-benar bikin saya takjub dan tentu saja pengen banget berhasil manifesting trip ke sana. Siapa sih yang enggak mau liburan ke tempat seindah itu? Orang luar negeri saja mulai berbondong-bondong kesana. 

Data BPS (2023) mencatat ada sebanyak 365 orang dari manca negara dan wisatawan nusantara sebanyak 1.441 orang yang berkunjung ke sana. Ditambah dengan adanya Festival Banda Neira yang rencananya digelar pada bulan November 2024 besok, pasti bakal ada lonjakan pengunjung tahun 2024 ini.

Setelah melakukan penelusuran seputar Banda Neira dari berbagai sumber, saya pengen berbagi juga di sini. Kalian harus tahu seindah apa sih tempat wisata unggulan dari Pulau Banda, Provinsi Maluku yang jadi dream travel kebanyakan orang termasuk saya ini.

Inilah hal-hal yang bisa dinikmati di Banda Neira, pulau di Maluku. Semoga besok-besok bisa traveling ke sana ya, Amin. This article contains advertisement from pafiprovmaluku.org.

1. Festival Banda Neira 2024

Kabar baik buat kalian yang berencana liburan tahun ini. Bakal ada event budaya   pada tanggal 14-16 November 2024 di Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Festival ini akan menggelar berbagai kegiatan budaya di dalamnya seperti buka kampung, lomba perahu belang, cakalele banda, kasih makan hutan dan laut, pameran ekonomi kreatif, serta acara hiburan seperti penampilan tarian kreasi wonderful Maluku, stand up comedy, puisi milenial, dialog interaktif dan lain-lain.

2. Pohon Sejuta Umat

Ke Banda tanpa foto pohon sejuta umat? sayang banget. Spot foto pohon di pulau Lonthoir, Banda Naira dengan view gunung api banda yang perfect itu wajib banget diabadikan lewat kamera terbaik.

3. The Dolphins

Baru air lautnya saja, selalu jernih dan cantik kayak di film Avatar. Ternyata ada yang lebih cantik lagi, yaitu ketika diatas perahu disambut puluhan kawanan lumba-lumba yang berenang kesana kemari, melompat-lompat.

Semoga ekosistem lautnya masih dan selalu terjaga. Jangan sampai The Dolphins Banda Neira punah. Pemandangan langka ketemu lumba-lumba di laut lepas Banda itu banyak banget orang-orang pada kepengen.

4. Free Dive

Sudah disuguhi view laut, gunung, hingga lumba-lumba yang secantik itu belumlah seberapa. Ternyata masih ada keindahan lain di Banda Naira, dia ada bawah laut.

Pesona bawah laut cuma bisa dinikmati langsung dengan diving. Jadi, minimal belajar renang dulu biar bisa free dive di surga bawah laut banda.

Ingat kata Sutan Syahrir "jangan mati sebelum ke Banda Neira" cukup membekas di ingatan. Kata itu seperti pengharapan bagi orang-orang yang lupa bersyukur.

Bersyukur sama Tuhan yang menciptakan sedemikian indahnya alam laut, gunung, hutan dan langit, itu untuk dijaga bukan dirusak.

Kabarnya, kelestarian laut di Banda Naira sangat dijaga ketat. Makanya, air lautnya masih bersih jernih, lumba-lumba pun masih betah di sana.

Meski begitu, buat kalian yang berkesempatan liburan ke surga dari timur Indonesia itu, diharapkan kesadarannya untuk tidak mengotori laut dan daratannya.

Itu dia beberapa kegiatan/tempat terindah yang menarik untuk dicoba di Banda Neira. Sekaligus jadi wish list dan dream travel saya nih. Thank to pafiprovmaluku.org

Related Posts

Posting Komentar